May 26, 2009

Pembuatan Biodiesel 1 (Minyak Tumbuhan Murni)

Biodiesel Manufacture

Sebelum bercerita lengkap pembuatan Biodiesel. Ada baiknya kita mengenal dulu biodiesel tersebut.

Biodiesel adalah bahan bakar berbasiskan tumbuhan yang digunakan pada mesin diesel/siklus otto. Umumnya, mesin diesel masih menggunakan bahan bakar berbasis petro kalo di Indonesia namanya Solar. Mesin diesel sangat berbeda dengan mesin siklus Carnott (yang berbahan bakar bensin/gasoline) karena tidak memerlukan sumber api/busi. Bahan bakar diesel mengalami pembakaran sendiri (auto ignition) akibat Temperatur yang tinggi dari hasil pemampatan ruang bakar (kompresi mesin diesel jauh lebih tinggi dari mesin Carnott).

Jenis-jenis biodiesel:
  1. Minyak Tumbuhan Murni

  2. Metil Ester

  3. Hidrocarbon

Minyak Tumbuhan Murni

Minyak tumbuhan murni (Pure Vegetable Oil/Straught Vegetable Oil) pada awalnya yang digunakan oleh Pak Diesel dari Jerman sebagai bahan bakar murah. Dengan minyak kacang, mesin diesel pertama ditemukan. Tapi seiring dengan berjalannya waktu ditemukan banyak masalah pada ruang bakar dan popularitasnya kalah setelah merebaknya Era minyak bumi.

Cara penggunaan adalah dengan mencampur dengan Minyak Diesel sekitar 5%. Namun, ini tidak direkomendasi untuk mesin otomotif. Tapi masih bisa digunakan pada low speed engine seperti halnya generator set.

Proses pembuatannya:



No comments:

Post a Comment