April 12, 2012

Proses Pembuatan BBM (Bensin, Solar, Avtur, Minyak tanah)

Bahan Bakar Minyak adalah salah satu produk kimia yang paling sukses di dunia, produk ini mulai diperkenalkan setelah penemuan mesin Carnot (berbahan bakar Bensin) dan Mesin Diesel (awalnya berbahan bakar minyak dari kacang kemudian diganti dengan Automotive Diesel Oil atau lebih dikenal di Indonesia dengan sebutan minyak solar). Dua mesin ini berguna untuk penggerak kendaraan pengganti kereta kuda dan kereta api uap.

Saat ini penggunaan BBM didominasi oleh penggunaan bensin untuk keperluan kendaraan pribadi berupa mobil dan motor. Minyak diesel juga banyak dipakai oleh PLN sebagai bahan bakar Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) khususnya untuk pembangkitan di luar pulau Jawa dan Bali. Keunggulan PLTD ini adalah dapat dimatikan dan dihidupkan secara cepat dan mudah, seperti halnya kita men-starter mobil/motor. Kenapa harus PLTD? Karena, masyarkat di luar jawa jauh lebih banyak menggunakan listrik di waktu malam saja untuk penerangan dan melihat TV. Ini jauh berbeda dengan masyarakat di Jawa, dimana pemakaian di waktu siang dan malam-malam tidak begitu berbeda, karena siang hari listrik dipakai untuk mesin pabrik dan AC perkantoran.

Berikut skema proses pembuatan BBM:

Proses diawali dengan pencarian minyak bumi, lalu kalau sudah ketemu minyaknya dan isinya cukup banyak, dilanjutkan dengan pemompaan. Tentunya prosesnya tak hanya dipompa saja, setelah itu masih perlu pemisahan dengan air dan kotoran lainnya. Untuk sumur-sumur yang sudah tua dan hasil minyak sudah menurun, perlu ditambahkan teknologi untuk mengambil sisa-sisa minyak yang masih terperangkap di batu-batuan. Teknologinya disebut Enhanched Oil Recovery bisa dengan penambahan uap panas, cairan surfaktan, gas Karbon Dioksida atau bahan kimia lain.

Kemudian minyak bumi diangkut ke pabrik pengolahan minyak bumi (kilang), disana minyak akan dipisahkan dengan penyulingan I (Distilasi), yang akan menghasilkan 3 produk yaitu Fraksi LPG I, Fraksi Sedang I, dan Fraksi Berat I.

Fraksi LPG dari penyulingan I sebagian masuk reaktor Isomerisasi menjadi Bensin, sebagian lagi masuk ke reaktor Reforming menjadi bensin dan kondensat.

Fraksi sedang I masuk reaktor hydroteating menjadi minyak tanah, avtur dan minyak diesel/solar.

Lalu Fraksi berat I masuk Alat Penyulingan/Distilasi II menghasilkan Fraksi LPG II, Fraksi Sedang II, dan Fraksi Berat II. Fraksi LPG II inilah yang banyak kita pakai untuk masak di dapur sekarang ini.

Fraksi sedang 2 sebagian masuk reaktor Hidrocracking kemudian menghasilkan minyak tanah, avtur dan minyak diesel/solar.

Fraksi Berat 2 kemudian masuk proses Coking yang menghasilkan dua produk yaitu aspal dan petroleum Coke (petcoke/kokas). Kokas ini juga bisa sebagai bahan bakar padat seperti batu bara.

Sekian cerita proses pembuatan BBM ini, begitu mudah ternyata.

16 comments:

  1. gan..
    kalo avtur tuh buatnya ato komposisinya terbuat dari apa aj sih?
    ato perbandingan campuran heavy kero sma light kero brapa2???

    makasih gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Gan, kalo avtur itu mostly alkanes up to C11 and alkylated benzenes

      Delete
  2. Terima kasih atas infonya.

    ReplyDelete
  3. kalo mesin Brigade 200k gimana, Bro?
    selain mengeksplorasi minyak, apakah mesin tersebut juga berfungsi dalam mengolah minyak mentah?
    thank's infonya..
    #salam
    aniamaharani.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Brigade 200K adalah tim di pertamina untuk meningkatkan jumlah minyak mentah saja menjadi 200,000 barel perhari. Mereka melakukan eskpolarasi sumur baru, meningkatkan produksi sumur yang sudah jalan, dan mereview sumur2 lama yang sudah ditinggalkan.

      Delete
  4. Gan bisa beri diagram alirnya,, itukan penjelasannya

    ReplyDelete
  5. gan,
    kalo bensin, solar, aspal dan minyak tanah adalah hasil pengolahan dari apa?

    mksh,,

    ReplyDelete
  6. Bensin, Solar, Aspal dan Minyak tanah, semuanya dari Minyak Bumi.

    ReplyDelete
  7. JIka 1 barrel (159) ltr minyak mentah, diolah menadi BBM, nanti jadinya berapa liter..?

    ReplyDelete
  8. Agan2 yg punya kemampuan utk pengolah and penyulingan minyak bumi mentah... saya ada bahan utk scala home industry
    Yang berminat bisa hub saya di 08126911378..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari mana asalnya gan? Saya dari bengkulu

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. gan titik nyala avtur berapa gan kalo boleh tahu..??
    terus kalo bensin sama avtur itu menguapnya cepetan yg mana..?

    ReplyDelete
  11. Menjual berbagai macam jenis Chemical untuk cooling tower chiller dan waste water treatment untuk info lebih lanjut tentang produk ini bisa menghubungi saya di email tommy.transcal@gmail.com terima kasih

    ReplyDelete
  12. apakah anda ingin memiliki bisnis sendiri? atau memiliki rumah pilihan Anda? pedro jerome menawarkan pinjaman 2 tingkat dengan pembayaran pinjaman yang fleksibel sesuai dengan pinjaman individu dan hak internasional, pinjaman saya diberikan dengan sekejap mata ketika saya mengajukan $800,000.00 untuk memperluas bisnis pakaian saya jadi saya akan menyarankan siapa pun di sini mencari bantuan keuangan untuk menghubungi pedroloanss@gmail.com atau whatsapp nomornya di +18632310632. semoga beruntung.

    ReplyDelete