April 20, 2011

Cara Pembuatan Sabun

Sabun adalah zat yang mampu melarutkan kotoran yang menempel pada suatu tempat seperti halnya tubuh kita, namun tak banyak yang tahu cara pembuatan sabun yang ternyata relatif mudah.

Kali ini akan saya paparkan secara singkat proses pembuatan sabun secara komersial yang biasanya dibuat oleh Pabrik Turunan Kelapa Sawit, sehingga selain sabun mereka juga memproduksi Minyak Goreng Kemasan dan Gliserol (Glycerol).

Sabun terdiri dari dari dua komponen utama, yang pertama adalah basa dan yang kedua adalah lemak. Selain itu hanyalah tambahan yang berupa aroma bahan tambahan lain yang bisa terasa lebih enak di badan (sabun mandi/sabun muka).

Sabun bisa dibuat dengan mereaksikan minyak tumbuhan (sawit, kelapa, kedelai dsb.) dan Basa (biasanya NaOH, kalau untuk sampo biasanya KOH). Tetapi sekarang ini kebanyakan sabun dibuat dari Asam Lemak Tumbuhan dan Basa.

Asam lemak tumbuhan adalah asam lemak yang dibuat dari proses refinery Minyak Tumbuhan, contohnya adalah minyak sawit (Crude Palm Oil/Minyak Sawit Mentah) direfinery dulu menjadi Stearin, Palmitin dan Olein. Fraksi Palmitin dan Olein dikemas menjadi minyak goreng dengan berbagai merek, karena fraksi palmitin dan Olein ini masih berwujud cair pada suhu 15 derajat celcius sehingga memberi kesan "jernih" pada minyak goreng.

Fraksi Stearin kemudian dihidrolisis menjadi Asam Stearat dan Glycerol. Produk Asam Stearat inilah yang biasa digunakan untuk membuat sabun dengan direaksikan dengan NaOH, dengan produk samping berupa air.

Untuk lebih jelasnya, bisa lihat gambar ini:



Oo iya, ada yang kelupaan pada gambar diatas, pada proses hidrolisis akan menghasilkan juga Glicerol, dan juga proses hidrolisis juga memerlukan Air (H2O) sebagai pemecah Asam Stearat dan Glicerol.

Pada proses penyabunan, reaksi antara Asam Stearat dan Basa Kuat (NaOH atau KOH) juga menghasilkan air. Pada intinya: mudah kan proses pembuatan sabun??? Tertarik bikin pabrik sabun???

Sabun beda dengan detergen dan cerita tentang proses pembuatan detergen akan diceritakan di seri selanjutnya.......

No comments:

Post a Comment