January 20, 2011

Proses Pembuatan Sepatu

Sudah lama ingin menulis tema ini, maklumlah penulis pernah bekerja di Perusahaan Sepatu Olahraga yang cukup terkenal. Proses Pembuatan sepatu memerlukan waktu yang cukup lama karena menggabungkan berbagai proses produksi yang rata-rata dilakukan dengan tenaga manusia (manual proses).

Secara garis besar, sepatu dibagi menjadi dua bagian, yaitu upper part dan bottom part. Upper part ini rata-rata digunakan proses pemotongan dan penjahitan (untuk bahan tekstil) atau proses penyamakan/coating dan penjahitan untuk bahan kulit, sedang untuk bottom part digunakan proses moulding (pencetakan) dan perekatan.

Sepatu yang paling sederhana adalah sepatu kulit (cibaduyut) karena hanya terdiri dari satu macam upper part (kulit) dan satu macam bottom part (sol karet).



Umumnya, pabrik sepatu kulit membeli kulit yang sudah disamak, begitu juga dengan bottom part-nya, mereka juga membeli lembaran karet yang sudah di vulkanizing (karet dan bahan-bahan pendukung direaksikan dengan sulfur/belerang dalam suhu sekitar 150 derajat).

Mudah kan buat sepatu??

2 comments:

  1. sangat bermanfaat nih mas, thx

    ReplyDelete
  2. Menjual berbagai macam jenis Chemical untuk cooling tower chiller dan waste water treatment,STP oli industri defoamer anti busa ,anti kerak dll.untuk info lebih lanjut tentang produk ini bisa menghubungi saya di email tommy.transcal@gmail.com
    WA=081310849918
    Terima kasih

    ReplyDelete